Selasa, 28 Oktober 2008

"Pengaruh Internet bagi remaja"


BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar balakang


“Internet” Mungkin kalian sudah tidak asing lagi mendengar kata Internet karena saat ini keberadaan internet sudah mudah ditentukan dan hampir semua kalangan dapat menggunakannya. Tapi sampai saat ini masih ada sebagian orang atau remaja terutama pelajar yang belum mengetahui arti dari internet.
Apa yang dimaksud dengan internet ?Arti Internet sendiri adalah Interconnected Network atau yang lebih populer dengan sebutan Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer yang saling berhubungan yang dibantu melalui jaringan satelit.Dan fungsi dari internet adalah dapat membantu kita dalam hal penambahan wawasan tentang pelajaran walaupun wawasan dunia luar yang sesuai dengan usia kita. Namun pada saat ini masih banyak pengguna internet terutama pelajar menyalahgunakan fungsi dari internet tersebut.
Salah satu fungsi yang disalahgunakan oleh pengguna internet terutama pelajar saat ini adalah sebagai penambah wawasan kita terhadap dunia luar. Terkadang para pelajar tersebut menggunakan internet tersebut untuk menambah wawasan atau informasi terhadap dunia luar serta untuk mengetahui sesuatu yang seharusnya belum saatnya mereka ketahui atau situs yang mereka jelajahi bukanlah informasi yang sesuai dengan umur mereka dan tidak mendidik. misalnya : gambar – gambar pornografi, video serta cerita pornografi,dll.
Hal ini dipicu oleh beberapa factor diantaranya adalah lingkungan keluarga seperti kurangnya perhatian atau pengawasan kedua orang tua, lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah dan yang paling utama adalah pengaruh pergaulan dan itu dimulai dari teman karena seorang di masa remaja adalah dimana seseorang tersebut emosinya masih labil sehingga para remaja tersebut sangat mudah terpengaruh oleh ajakan teman. Biasanya remaja yang telah merasakan asyiknya bermain internet dan menjelajahi situs yang menurut dirinya asyik dan menarik ,mereka akan mempunyai keinginan untuk menjelajahi lebih dalam atau dapat disebut juga “kecanduan terhadap Internet” bahkan situs yang mereka jelajahi tersebut tidak sesuai dangan umur mereka serta tidak mendidik.

B. Rumusan masalah

Dalam sebuah penelitian paling tidak dalam rumusan masalah mengandung unsur-unsur :

1. Membuat variabel yang akan dibahas.

2. menampilkan keterkitan antar variabel.

3. Berupa kata dan tanda tanya.

4. Permasalahan yang akan dibuat.

5. Altenatif pemecahan.

6. objek penelitian.

Dari unsur - unsur di atas dapat merumuskan masalah sebagai berikut:

"Pengaruh apa saja yang ditimbulkan dari internet bagi pengguna internet yang berlebihan (kecanduan terhadap Internet) terutama bagi pelajar? "

C. Tujuan penelitian

a. Tujuan umum :

Supaya kita mengetahui pengaruh apa saja yang ditimbulkan oleh internet bagi pelajar. Dan kita sebaiknya tidak melakukan sesuatu yang bisa membuat kita terjerumus ke hal yang negatif dan merugikan kita.

b. Tujuan khusus :

Supaya dapat mengetahui perilaku (kebiasaan)remaja terutama pelajar SMPN 1 dan 2 Kota Mojokerto karena saya mengambil sampel dari murid - murid SMPN1 da 2 Kota Mojokerto.

D. Manfaat penelitian

Agar kita mengetahui dampak apa saja yang ditimbulkan oleh internet sehingga kita dapat membatasi pengoprasian internet misalnya kita dapat mengendalikan keinginan kita untuk membuka situs yang tidak mendidik atau tidak sesuai dengan umur kita.

BAB II
METODE PENELITIAN


A. Metode Penelitian

Dalam penelitian yang saya lakukan ini saya mempergunakan metode penelitian yaitu mencari informasi yang saya perlukan dari para sumber salah satunya adalah :
1 Wawancara dengan dengan beberapa orang untuk mengetahui informasi tentang internet lebih lanjut dan saya mencoba memberi pertanyakan dari angket yang saya buat.
2 Mencari informasi dari internet.
Saya mengerjakan laporan ini secara individu atau sendiri.


B. Populasi dan Sampel
Dalam penelitian yang saya lakukan ini saya mengambil beberapa contoh pendapat atau pernyataan dari murid SMPN 1 dan 2 Kota Mojokerto yaitu murid kelas 9 untuk mengetahui beberapa pendapat atau pernyataan tentang internet dengan cara mengisi angket yang telah saya buat.Saya melakukan penelitian pada saat les diluar sekolah sehingga saya melakukan penelitian di Lembaga Bimbingan Belajar.

C. Rancangan dan Pelaksanaan
Laporan penelitian yang saya buat ini sudah saya rancang mulai dari hari Selasa pada tanggal 28 Oktober 2008 hingga hari Jumat pada tanggal 31 Oktober 2008.Saya mengerjakan konsep laporan ini di rumah dan saya ketik di warnet.


D. Instrumen penelitian
Dalam laporan penelitian ini saya mempergunakan angket untuk mengetahui pernyataan tentang internet terutama dikalangan pelajar dan angket yang saya buat yaitu sebagai berikut :
1. Apakah kamu mengenal internet ?
2. Apakah kamu kesulitan dalam mengoperasiakan internet ?
3. Seberapa sering kamu menggunakan internet ?
4. Berapa lama kamu harus di depan komputer setiap menggunakan internet ?
5. Dimanakah kamu sering menggunakan internet ?
6. Situs apa sajakah yang sering kamu jelajahi ?
7. Manfaat apa saja yang kamu dapatkan dari internet ?
8. Apakah internet sekarang sudah menjadi salah satu kebutuhanmu?

E. Data dan Instrumen Penelitian

Insturmen penelitian yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara.Saya membuat angket dan wawancara karena saya ingin mengetahui beberapa pendapat dan pertanyaan remaja terutama pelajar tentang internet dan saya lebih bisa membandingkan pendapat dan pernyataan pelajar yang satu dengan yang lain. Dan data yang telah saya peroleh dari penelitian saya adalah semua pelajar mengenal interet, dalam pengoperasiannya pelajar juga tidak begitu kesulitan. Biasanya mereka menggunakan internet kurang lebih 1 miggu sekali. Setiap meraka mengoperasikan internet biasanya mereka menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam. Mereka semua lebih sering menggunakan internet di warnet(Warung Internet).Dan situs yang paling sering mereka jelajahi adalah google dan Friendster.Dari internet mereka juga mendapatkan manfaat, manfaat yang sering mereka dapatkan adalah menambah wawasan dan informasi serta menambah teman .Sekarang internet sudah menjadi salah satu kebutuhan di kalangan pelajar karena di sekolah mereka pada saat ini sudah banyak srkali tugas yang membutuhkan informasi dari internet sebab di internet informasinya lebih lengkap dan terbaru.


F. Teknik Analisis Data
Dari pernyataan pelajar yang telah mengisi angket yang saya buat, saya dapat membuat analisis sebagai berikut :
1. Pelajar yang mengenal internet sebesar :

10/10 × 100 % = 100 %

2. Pelajar yang tidak kesulitan dalam pengoperasian internet sebesar :

8 /10 × 100 % = 80 %

3. Pelajar yang paling sering menggunakan internet 1 kali dalam seminggu sebesar :

5/10 × 100 % = 50 %

4. Pelajar yang mengahabiskan waktu untuk berinternet Selama 2 jam sebesar :

6/10 × 100 % = 60 %

5. Pelajar yang mengoperasikan internet di warnet sebesar :

7/10 × 100 %= 70 %
6. Pelajar yang lebih sering menjelajahi situs Google sebesar :

7/10 × 100 % = 70 %

7. Pelajar yang mendapatkan manfaat dari internet yaitu menambah informasi terbaru sebesar :

10/10 × 100 % = 100 %

8. Pelajar yang telah menganggap internet sebagai salah satu kebutuhan mereka sebesar :

9/10 × 100 % = 90 %
BAB III
HASIL PENELITIAN

Hasil dari penelitian yang saya lakukan ini dapat dikatakan bahwa semua pelajar sebenarnya dapat memperoleh ilmu yang positif dan bermanfaat dari internet .

BAB IV
PENUTUP


A. Kesinpulan
Jadi kesimpulannya bahwa sebenarnya di internet tidak hanya memuat hal atau informasi yang negatif akan tetapi banyak sekali hal atau informasi yang sangat positif dan bermanfaat untuk remaja terutama pelajar karena pada saat ini banyak sekali tugas sekolah yang mempergunakan internet dalam sistem belajar mengajar. Sehingga semua pelajar bisa menggunakan internet untuk menambah waasan.

B. Saran – saran
Bahwa semua pelajar bisa menggunakan internet untuk menambah ilmu, wawasan, dan informasi yang bermanfaat dalam sistem belajar mengajar. Dan tidak semua situs pada internet menimbulkan pengaruh yang buruk.

DAFTAR PUSTAKA

Triyadi.2006.Teknologi Informasi dan Komunikasi.Solo:PT Tiga Serangkaai Pustaka Mandiri.

Lampiran - lampiran


Rincian pernyataan atau jawaban dari beberapa pelajar yang telah mengisi angket saya :

A. Pelajar pertama
1. Ya.
2. Tidak.
3. 5 kali dalam sehari.
4. 1 jam.
5. Rumah.
6. Friendster,blog, web site, Yahoo Messenger.
7. a. Dapat melihat nilai tugas sekolah.
b. Menambah teman.
c. Menambah wawasan.
8. Ya ,namun terkantung kebutuhan.

B. Pelajar kedua
1. Ya.
2. Tidak.
3. Semiggu sekali.
4. 2 jam.
5. Hp dan waenet.
6. Google, friendster,blog,game online.
7. a. Menambah wawasan pendidikan .
b. Menambah keakrapan teman.Ya karena sekarang adalah zaman modernisasi yang semuanya serba cepat jadi internet sangatlah dibutuhkan .


C. Pelajar ketiga
1. Pasti.
2. Tidak.
3. 3 kali dalam seminggu.
4. 2 jam.
5. Rumah.
6. Friendster.
7. a. Sebagai hiburan.
b. Menambah wawasan.
c. Menambah teman .

8. Ya, karena banyak tugas dari sekolah yang membutuhkan internet.

D. Pelajar keempat
1. Ya.
2. Tidak.
3. 4 kali dalam seminggu.
4. 1 ½ jam – 1 jam.
5. Warnet.
6. Friendster,google.
7. a. Mendapat banyak teman.
b.Memperoleh banyak informasi. 8. Ya , karena kecanduan.

E. Pelajar kelima
1. Ya.
2. Tidak.
3. 3 kali dalam seminggu.
4. 1 ½ jam - 1 jam.
5. Warnet.
6. Google.
7. a. Menambah teman.
b. Menambah Pengetahuan.
8. Ya ,karena tugas dari sekolah banyak yang menggunakan internet.

F. Pelajar keenam
1 Ya.
2 Tidak.
3 3 kali dalam seminggu.
4 2 jam.
5 Warnet.
6 Friendster.
7 a. Mendapat informasi.
b. Menambah banyak teman.
8. Ya, karena tugas sekolah banyak yang menggunakan internet.


G. Pelajar ketujuh
1. Ya.
2. Sedikit kesulitan.
3. 1 – 2 kali dalam seminggu.
4. 2 jam.
5. Warnet.
6. Friendster,google.
7. a. Menambah teman.
b. Menambah wawasan.
8. Ya , karena banyak tugas sekolah yang membutuhkan internet.

H. Pelajar kedelapan
1. Ya.
2. Tidak.
3. 1 kali dalam seminggu.
4. 2 jam.
5. Warnet.
6. Google.
7. a. Menambah wawasan,
b. Mendapat informasi yang terbaru .
8. Ya, karena dengan internet lebih mudah dan cepat informasinya.

I. Pelajar Kesembilan
1. Ya.
2. Tidak.
3. 1 kali dalam seminggu.
4. 45 menit – 1 jam.
5. Warnet.
6. Google
7. a. Menambah teman.
b. Menambah informasi dan ilmu
8. Ya, karena di internet informasinya sangatlah berragam dan lebih efisien.

J. Pelajar kesepuluh
1. Ya.
2. Ya.
3. 1 kali dalam seminggu.
4. 3 jam.
5. Warnet.
6. Google dan You-tube.
7. a. Menambah teman.
b. Mendapat informasi yang tidak ada di buku.
8. Tidak karena lebih mudag nyari di buku.




Tidak ada komentar: